Tingkatkan Omzet dengan 7 Strategi Pemasaran Online Shop

Table of Contents

Omzet yang terus meningkat adalah salah satu tanda kesuksesan dan ini bisa diraih dengan menerapkan strategi pemasaran online shop yang tepat. Pemasaran merupakan ujung tombak sebuah bisnis sehingga harus sudah dipikirkan sejak Anda memutuskan untuk memiliki online shop. Untuk melejitkan omzet, strategi pemasaran berikut ini bisa dicoba.

7 Strategi Pemasaran Online Shop yang Efektif


Untuk menghasilkan omzet yang tinggi, produk yang bagus harus didukung strategi pemasaran yang tepat sehingga memungkinkan terjadinya penjualan. Bagi para pemilik online shop, ada 7 jenis strategi pemasaran yang bisa dilakukan. 


1.    Membangun Brand Image
Brand image sangat penting dalam sebuah bisnis untuk menampilkan keunikan produk Anda yang membedakannya dari merek kompetitor. Dengan kualitas yang sama, produk dengan image yang kuat memiliki daya saing yang lebih baik. Jika produk Anda sudah memiliki image positif sebagai produk yang berkualitas dan bergengsi, meningkatkan omzet tidaklah sulit.


2.    Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen
Salah satu kunci sukses online shop adalah memiliki loyal customer. Setiap kali Anda mengeluarkan produk baru, mereka akan membelinya. Bahkan, meskipun Anda menjual barang yang sama dengan toko lain, mereka akan tetap memilih toko Anda. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen adalah salah satu cara untuk mendapatkan loyal costumer.


3.    Memaksimalkan Internet Marketing
Internet marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat ampuh karena apa pun yang dibutuhkan, orang akan mencarinya melalui internet. Internet marketing akan mempertemukan produk Anda dengan konsumen yang membutuhkan sehingga memperbesar peluang terjadinya penjualan, omzet pun meningkat.


4.    Mengistimewakan Pelanggan Lama
Di tengah persaingan ketat, mendapatkan pelanggan baru tidaklah mudah sehingga penting untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Salah satu strategi pemasaran online shop untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan memberikan keistimewaan, misalnya diskon khusus, bonus, atau penawaran eksklusif lainnya. 


5.    Memperbanyak Media Penjualan
Cara lain untuk memperbesar peluang terjadinya transaksi adalah dengan melakukan penjualan melalui banyak media. Setiap orang memiliki kecenderungan untuk menyukai platform tertentu, ada yang lebih suka berbelanja di media sosial, marketplace, atau e-commerce. Jadi, tak ada salahnya Anda memasarkan produk di banyak media. 


6.    Melakukan Promosi yang Efektif
Dalam situasi sulit seperti sekarang, Anda ditantang untuk memilih cara promosi paling efektif yang bisa membuat orang tertarik tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Internet dengan media sosialnya merupakan sarana promosi yang murah. Namun, konten promosinya harus dibuat kreatif dan tepat sasaran.


7.    Meningkatkan Kualitas Produk
Strategi pemasaran online shop berikutnya adalah meningkatkan kualitas produk. Menaikkan harga produk tidak serta-merta akan meningkatkan omzet jika tidak disertai peningkatan kualitas. Dengan meningkatkan kualitas, Anda memiliki alasan kuat untuk menaikkan harga dan konsumen akan tetap membelinya dengan senang hati. 

Jenis-Jenis Internet Marketing


Sebagai salah satu strategi yang paling diandalkan saat ini, internet marketing sangat penting bagi online shop. Anda bisa memilih salah satu atau mengombinasikan 6 jenis internet marketing berikut ini.

  1. Social Media Marketing: pemasaran melalui platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.
  2. Search Engine Optimization: mengoptimalkan website untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari dengan membuat konten sendiri atau menggunakan jasa penulis artikel profesional.
  3. Content Marketing: membuat, menyebarkan, dan mempromosikan materi online yang relevan dalam bentuk blog post, video, e-book, e-mail, dan lainnya.  
  4. Affiliate Marketing: teknik pemasaran dengan cara membayar komisi ke para affiliate marketer untuk setiap traffic atau penjualan yang dihasilkan.
  5. eE-mail Marketing: pemasaran langsung kepada konsumen melalui e-mail untuk mendapat pelanggan baru ataupun mempertahankan pelanggan lama.
  6. Paid Advertising: membuat iklan berbayar di mesin pencari ataupun media online, seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan Linkedln.


Untuk menentukan strategi pemasaran online shop yang paling sesuai untuk bisnis Anda, banyak faktor yang bisa dipertimbangkan, seperti jenis produk, karakter konsumen, anggaran yang tersedia, dan target omzet.

Share this :
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *